Catatan harian seorang guru (1)
Ku mulai dengan bismillah..
Catatan perjuanganku..dalam menjalani profesiku..
Banyak hal yang terjadi dan bisa saja aku lupakan nantinya..oleh sebab itu aku terpikir untuk membuat catatan ini.
Kisah kali ini tentang kondisi kelas yang luar biasa..
Dominasi siswanya terlihat tidak ada motivasi untuk belajar..
Ja gankan belajar matematika..buat bangun dan bermain dengan temannya saja sepertinya malas..
Misalnya pun ada siswa yang tidak tidur..mereka aktif dalam bermain game online..terutama yang sekarang sedang booming yaitu mobile legends..ML biasa mereka menyebutnya..
Luar biasa sekali saat pertama masuk kelas ini..
Aku sendiri sempat tidak termotivasi mengajar mereka..
Semangatku sebagai seorang guru menurun melihat itu..
Luar biasa sekali..
Kondisi kelas ini diperparah dengan banyaknya anak-anak yang suka membolos sekolah..dan kondisi wali kelas yang acuh tak acuh terhadap mereka..
Tapi selalu ada cara Allah untuk menolong hambaNya..
Dikala aku merasa down..aku mencoba berbagi masalahku dengan sahabatku..
Pesan dia singkat sebenarnya..namun ketika aku resapi lagi..maknanya dalam bagiku..
Dia berpesan padaku..
Do the best..
Ya..simple cuma itu..aku termenung memikirkan kata-katanya..
Lakukan yang terbaik..
Hal ini seakan flash back pada masa lalu saat aku kuliah..aku selalu menjadikan do the best sebagai mottoku..
Ya..melakukan hal terbaik yang bisa kita lakukan..masalah hasil..serahkan saja pada Allah semata..
Dari situ aku berpikir keras..apa yang harus aku lakukan..
Aku mencoba berkomunikasi aktif dengan guru bimbingan konseling mereka (BK). Alhamdulillah..guru BK ini sangat membantu perubahan anak-anak tersebut..dari siswa yang jarang masuk..mulai masuk..
Siswa yang kerjanya hanya tidur..mulai aktif mau mengerjakan latihan..
Perlahan tapi pasti aku bersyukur..
Perbahan yang butuh proses itu..sudah terasa..
Lebih mengejutkan lagi..
Ada seorang anak..yang notabene memang ketua kelas itu..dari awal menunjukan ketidaktertarikan belajar matematika..selalu tidur..namun setelah di proses oleh guru BK..anak itu mulai mau mengerjakan tugas-tugas dariku..walaupun awalnya ia menyalin jawaban temannya..
Namun ketika suatu tugas yang memang harus dia kerjakan sendiri..mau tidak mau ia hanya bisa bertanya padaku..
Jika ingin menyalin pun ia tidak bisa..katna tugas yang ku beri berbeda dengan teman2nya yang lain..yang tugasnya sudah selesai..
Akhirnya dia mau memberanikan diri bertanya langsung padaku..
Aku minta ia menarik kursi dan duduk dekatku..dari situ aku bimbing dan jelaskan cara mengerjakannya..tentunya mengajak ia berpikir juga..hingga akhirnya dia sampai berkata..
"uda bu..gini doank?"
Hal yang ia pikir sulit..namun malah berubah jadi mudah dipikirannya..
Aku pribadi bersyukur..setidaknya apa yang aku sampaikan bisa ia pahami..
Setelah tugas ia beres..
Aku menjelaskan pembahasan soal di depan kelas..
Menariknya siswa smk adalah..cara belajar mereka yang tidak kaku dan monoton menurutku..
Mereka cenderung aktif..
Mereka kadang tidak nyaman duduk tenang dikursi mereka sendiri..hingga ada anak yang duduk dilantai depan papan tulis..
Agar bisa menyimak penjelasanku..
Bagiku itu tidak mengapa..selama ia mau menyimak apa yang aku sampaikan..
Akupun tidak mau terlalu kaku sehingga membuat anak-anak tidak nyaman untuk belajar.
Anak itu (ketua kelas tadi) menyimak dengan seksama bahlan bertanya jika ada yang belum ia pahami.
Setelah penjelasan selesai..aku meminta mereka menyalin di buku catatan mereka..
Memang sepertinya kuno..apa-apa harus dicatat..namun bagiku ini penting..dikarenakan..siswaku tidak memiliki buku pegangan matematika..
Sekalipun ada..isinya lebih cenderung kumpulan soal-soal..dan aku yakin mereka tidak paham dengan hal itu.
Oleh sebab itu aku lebih memilih meminta mereka mencatat penjelasanku.
Pembelajaran dikelas selesai..
Ketika aku dluar kelas dan ingin mengajar kelas lain..aku bertemu si ketua kelas tadi..
Lalu ia dan temannya menyapaku..kemudia mereka mengatakan sesuatu yang membuat aku heran..
"bu..kita minta privat donk bu"
Wah..aku ga nyangka banget..mereka antusias sampai kepikiran ingin belajar matematika diluar jam pelajaranku..
Dalam hatiku..alhamdulillah..
Allah skali lagi memberi kemudahan bagiku untuk mengajar dan mendidik mereka..
Satu hal yang aku syukuri adalah..bukan karna mrk yang ingin privat..tp..keinginan mereka untuk belajar..
Iya itu..krn aku tau banget bagaimana tidak ada motivasi yang tergurat diawal2 aku mengajar mereka.
Pun juga semua perubahan ini..berkat bantuan guru BK yang memotivasi mereka.
Jakarta, 3 oktober 2017
22.38 wib
Catatan perjuanganku..dalam menjalani profesiku..
Banyak hal yang terjadi dan bisa saja aku lupakan nantinya..oleh sebab itu aku terpikir untuk membuat catatan ini.
Kisah kali ini tentang kondisi kelas yang luar biasa..
Dominasi siswanya terlihat tidak ada motivasi untuk belajar..
Ja gankan belajar matematika..buat bangun dan bermain dengan temannya saja sepertinya malas..
Misalnya pun ada siswa yang tidak tidur..mereka aktif dalam bermain game online..terutama yang sekarang sedang booming yaitu mobile legends..ML biasa mereka menyebutnya..
Luar biasa sekali saat pertama masuk kelas ini..
Aku sendiri sempat tidak termotivasi mengajar mereka..
Semangatku sebagai seorang guru menurun melihat itu..
Luar biasa sekali..
Kondisi kelas ini diperparah dengan banyaknya anak-anak yang suka membolos sekolah..dan kondisi wali kelas yang acuh tak acuh terhadap mereka..
Tapi selalu ada cara Allah untuk menolong hambaNya..
Dikala aku merasa down..aku mencoba berbagi masalahku dengan sahabatku..
Pesan dia singkat sebenarnya..namun ketika aku resapi lagi..maknanya dalam bagiku..
Dia berpesan padaku..
Do the best..
Ya..simple cuma itu..aku termenung memikirkan kata-katanya..
Lakukan yang terbaik..
Hal ini seakan flash back pada masa lalu saat aku kuliah..aku selalu menjadikan do the best sebagai mottoku..
Ya..melakukan hal terbaik yang bisa kita lakukan..masalah hasil..serahkan saja pada Allah semata..
Dari situ aku berpikir keras..apa yang harus aku lakukan..
Aku mencoba berkomunikasi aktif dengan guru bimbingan konseling mereka (BK). Alhamdulillah..guru BK ini sangat membantu perubahan anak-anak tersebut..dari siswa yang jarang masuk..mulai masuk..
Siswa yang kerjanya hanya tidur..mulai aktif mau mengerjakan latihan..
Perlahan tapi pasti aku bersyukur..
Perbahan yang butuh proses itu..sudah terasa..
Lebih mengejutkan lagi..
Ada seorang anak..yang notabene memang ketua kelas itu..dari awal menunjukan ketidaktertarikan belajar matematika..selalu tidur..namun setelah di proses oleh guru BK..anak itu mulai mau mengerjakan tugas-tugas dariku..walaupun awalnya ia menyalin jawaban temannya..
Namun ketika suatu tugas yang memang harus dia kerjakan sendiri..mau tidak mau ia hanya bisa bertanya padaku..
Jika ingin menyalin pun ia tidak bisa..katna tugas yang ku beri berbeda dengan teman2nya yang lain..yang tugasnya sudah selesai..
Akhirnya dia mau memberanikan diri bertanya langsung padaku..
Aku minta ia menarik kursi dan duduk dekatku..dari situ aku bimbing dan jelaskan cara mengerjakannya..tentunya mengajak ia berpikir juga..hingga akhirnya dia sampai berkata..
"uda bu..gini doank?"
Hal yang ia pikir sulit..namun malah berubah jadi mudah dipikirannya..
Aku pribadi bersyukur..setidaknya apa yang aku sampaikan bisa ia pahami..
Setelah tugas ia beres..
Aku menjelaskan pembahasan soal di depan kelas..
Menariknya siswa smk adalah..cara belajar mereka yang tidak kaku dan monoton menurutku..
Mereka cenderung aktif..
Mereka kadang tidak nyaman duduk tenang dikursi mereka sendiri..hingga ada anak yang duduk dilantai depan papan tulis..
Agar bisa menyimak penjelasanku..
Bagiku itu tidak mengapa..selama ia mau menyimak apa yang aku sampaikan..
Akupun tidak mau terlalu kaku sehingga membuat anak-anak tidak nyaman untuk belajar.
Anak itu (ketua kelas tadi) menyimak dengan seksama bahlan bertanya jika ada yang belum ia pahami.
Setelah penjelasan selesai..aku meminta mereka menyalin di buku catatan mereka..
Memang sepertinya kuno..apa-apa harus dicatat..namun bagiku ini penting..dikarenakan..siswaku tidak memiliki buku pegangan matematika..
Sekalipun ada..isinya lebih cenderung kumpulan soal-soal..dan aku yakin mereka tidak paham dengan hal itu.
Oleh sebab itu aku lebih memilih meminta mereka mencatat penjelasanku.
Pembelajaran dikelas selesai..
Ketika aku dluar kelas dan ingin mengajar kelas lain..aku bertemu si ketua kelas tadi..
Lalu ia dan temannya menyapaku..kemudia mereka mengatakan sesuatu yang membuat aku heran..
"bu..kita minta privat donk bu"
Wah..aku ga nyangka banget..mereka antusias sampai kepikiran ingin belajar matematika diluar jam pelajaranku..
Dalam hatiku..alhamdulillah..
Allah skali lagi memberi kemudahan bagiku untuk mengajar dan mendidik mereka..
Satu hal yang aku syukuri adalah..bukan karna mrk yang ingin privat..tp..keinginan mereka untuk belajar..
Iya itu..krn aku tau banget bagaimana tidak ada motivasi yang tergurat diawal2 aku mengajar mereka.
Pun juga semua perubahan ini..berkat bantuan guru BK yang memotivasi mereka.
Jakarta, 3 oktober 2017
22.38 wib
Komentar
Posting Komentar